Jumat, 22 Agustus 2008

Pertarungan para Pabrikan Motor di medan Motor Sport semakin PANAS

Pertarungan para Pabrikan Motor di medan Motor Sport semakin panas setelah dominasi Honda di kelas motor sport 4 tak berangsur-angsur mulai digerogoti oleh sport India yang fenomenal, Yamaha V-IXION yang “revolusioner” dan Suzuki Thunder 125 yang “Sport PAHE” abiss.

Tentu saja Honda tidak rela jika singasananya di kategory Sport terus digerogoti, maka dari itu celah kosong di kelas sport racing 4tak kemungkinan besar akan diisi oleh varian CBR 150 yang macho abis. Di tangan IU saja, motor ini laku keras dengan harga yang sangat tinggi, bayangkan saja AHM pasti mulai mengendus aroma keuntungan setelah melihat fenomena ini. Bukan tidak mungkin AHM kepincut ikut mengadu kekuatan dengan tambahan varian yang diidamkan banyak Biker di Tanah Air ini. Hitungan Rugi-Untung jelas terlihat didepan mata,…..so tunggu apa lagi…..!!!

Begitu CBR 150 digadang-gadangkan muncul di Tanah Air, maka kini ganti YMKI yang berkeringat dingin membayangkan V-IXION-nya kalah “altileri”. Maka sudah jelas dapat kita prediksi jika YMKI pasti menyiapkan Varian New V-IXION yang mampu menghadang ketangguhan CBR 150. New V-IXION pasti tampil lebih Racing Look, Sporty Abisss. Peningkatan Value jelas dilakukan YMKI untuk produk “remodeling” ini dan pergeseran design ke arah Sport Racing juga akan dilakukan dengan berhati-hati agar kesan Street Bike masih ada. (lihat bagan di atas) Hal ini dilakukan karena V-IXION dianggap berhasil melakukan penetrasi yang baik pada kelas Street Bike.

Sayangnya jika V-IXION di upping Value dan di geser ke arah Racing Look, maka terjadi kekosongan yang sangat besar di Touring Bike yang sebelumnya dapat ditahan oleh V-IXION standart, walaupun saat ini V-IXION jelas-jelas masih di kelas Street Bike harian, tetapi setidaknya mampu sedikit mengisi pasar Sport Touring 150 cc bagi pecinta motor Yamaha. Kalau begitu, Prediksi kita pasti menuju kepada FZ-150 yang keren abiss untuk pasar Sport Touring, sekaligus untuk mengisi celah di Daily Street Bike.

Nah masalahnya……, secara value harus di posisikan dimana? Apakah YMKI tidak “keblinger” juga dengan pasar Sport harian yang murah meriah macam Thunder 125? Toh penjualan Thunder 125 sangat manizzz di pasar ekonomis ini!!! Bayangkan jika konsumen harus menambah sedikit uang, tetapi akan mendapatkan value yang jauh lebih baik, kira-kira konsumen akan bagaimana? he..he..he…mudah ditebak bukan !!! Apalagi jika value di setting terlalu tinggi juga akan menghantam kakak seperguruannya di kelas 225cc si Scorpio Z yang bermain di Sport Touring juga !!! Khan sayang. Kemungkinan positioningnya akan di setting sedikit di bawah Mega Pro, jadi diharapkan Mega Pro akan terjungkal disodok dari bawah dengan produk Baru yang Heboh dan berpenampilan sangar ini.

Mendengar Informasi dari pihak intelejen-nya ini, AHM tidak akan tinggal diam, sebelum Mega Pro yang menjadi tulang punggung penjualan Motor Sport Honda “tumbang” digencet kiri-kanan (Motor-motor India terutama Bajaj Pulsar 180/200 dan nantinya FZ-150) maka Mega Pro harus lari bergeser menjadi New Mega Pro yang lebih berpenampilan dan berkemampuan Street Racing Look for Daily Purpose, bisa-bisa cc-nya ikut disunat; dikecilin jadi 150cc biar tetep “IRIT”!!!

Market Sport Touring yang ditinggalkan akan diisi dengan Jagoan Baru Honda yang lebih mumpuni untuk “Fight” di kelas ini, sebagai entry level sebelum Honda Tiger yang mungkin juga akan naik kelas menjadi 250 cc. Urusan Positioning, di setting untuk bergerak menjauh ke atas (value yang lebih tinggi) menjauhi FZ-150, juga untuk menekan Bajaj Pulsar 180/200 dari bawah, sehingga diharapkan Pulsar 180/200 akan terjungkal. Kira-kira dengan Value yang menempel dari bawah begini, konsumen pasti tetap memilih Brand Honda yang sangat kuat dalam pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian sebuah Motor yang harganya juga lumayan Premium.

Ganti membahas Suzuki, Pabrikan ini yang sekarang harus move untuk menelorkan produk barunya juga, lihat kini sudah ada Bajaj 125cc yang persis menempel di bawahnya dengan sedikit lebih banyak mengambil market Street Bike murah meriah, tetapi tetap oke untuk urusan harian dan sekaligus Touring ringan. Pengalaman Suzuki dalam bermain di kelas Ekonomis Murah Meriah cukup manis selama ini, jadi jika Suzuki harus bermain di market Racing yang juga murah meriah, mereka akan berani. Paling tidak produk baru Suzuki ini akan di posisikan sebagai produk Sport Racing yang juga sedikit Street bike, sehingga secara value akan jauh dibawah produk Honda dan Yamaha. jatuh-jatuhnya ya Sport Racing yang murah meriah!!!

Kawasaki yang terlalu banyak bertelor di kelas Sport tahun 2008 ini mungkin akan absen dulu untuk tahun 2009. Simpan tenaga dan konsentrasi untuk strategy pemasaran dan promosi, sambil berusaha untuk memperbaiki jaringan-jaringannya.

Tahun 2009, tahun yang dinanti-nantikan para BIKERS

Merawat CAT Tetep KINCLONG

Agar Motor tetap Kinclong Sering kali kita terlena dalam merawat motor, sehingga lalai akan cat kendaraan tersebut. Apalagi motor tersebut sering diparkir di tempat yang terkena matahari langsung (terik) yang menyebabkan warna bodi motor terihat kusam. Berikut, beberapa tips untuk merawat warna cat motor Kesayangan anda :

  1. Hindari parkir di bawah terik matahari Saat memarkir motor di tempat parkir terbuka, hindari panas matahari langsung dan angin. Debu yang bercampur panas terik matahari dapat membuat rusak cat lapisan pelindung cat motor anda, sehingga warna menjadi kusam.
  2. Hindari Air Hujan (jangan terlalu sering terkena air hujan) Tingkat keasaman air hujan sangat tinggi, sehingga dapat merusak warna bodi motor anda menjadi kusam. Bahkan bagian bodi motor dari logam dapat termakan korosi. Apabila terlanjur terkena air hujan, segera cuci kendaraan anda dengan air bersih.
  3. Hindari Air garam dan Air laut berikut uapnya dapat mengakibatkan bagian bodi terkena karat dan memperpendek umur motor anda.
  4. Hindari Mencuci motor dengan sabun colek. Sabun colek mengandung zat yang punya sifat kasar yang dapat menggores cat di permukaan bodi motor. Kalau tetap memakai sabun cream, gunakan sabun dan spons lembut/lap chamois agar warna motor tetap awet.
Jangan terlalu sering menggunakan zat kimia atau cairan untuk mengkilapkan warna cat Zat tersebut akan mengikis lapisan cat bodi motor sehingga warna akan menjadi kusam dan cat menjadi pudar.

Bikin Aki Panjang Umur

Tidak hanya manusia yang senang awet muda. Aki juga begitu. Namun tidak perlu pasang gigi palsu dan banyak ketawa seperti anjuran Rhoma Irama. Tetap saja usia pakai aki dianjurkan nggak lewat dari 2 tahun.

Mau awet muda? Edward Helmy punya ramuannya. “Namanya Battery Tip. Dijamin mampu memperpanjang usia aki hingga tiga kali lipat,” ujar Edward yang mengklaim komponen ini lebih murah dibanding harus sering beli aki selama 6 tahun.

Alat elektronik ini mampu mengurai korosi yang mengakibatkan elemen atau sel aki cepat rusak. Sekaligus juga membersihkan kerak di dasar aki. Prinsip kerjanya mirip Rust Evader. Alat pengurai karat di bodi mobil yang sinyalnya terpasang di beberapa sudut titik pemasangan. Makanya dengan alat ini sel-sel di aki bakal awet muda.

Keunggulan Battery Tip bukan cuma buat aki basah. “Segala macam jenis aki bisa aplikasi. Mulai dari basah, kering atau yang pakai gel pun nggak masalah. Terlebih buat motor balap yang masih adopsi aki dan berisiko alami turunnya tegangan,” lanjut Edward yang bisa dihubungi lewat telepon genggam untuk nego harga.

Cara pasang juga mudah. Cukup cantolkan dua kabel merah-hitam di Battery Tip ke aki yang terpasang di motor (gbr. 1). Untuk kabel merah ikat di terminal positif aki, sedang hitam ikat di terminal negatif. Baru deh cari posisi pas untuk nempelin obat awet muda aki ini. Coba, deh!

Yamaha Mio, Honda Vario, dan Suzuki Spin

Yamaha Mio, Honda Vario, dan Suzuki Spin, sekilas memang memiliki teknologi yang sama. Tapi, apakah kita akan mengambil salah satunya tanpa pertimbangan. Ada baiknya kita cermati ulasan perbandingan antara ketiganya berikut ini :

1. Yamaha Mio

Yamaha Mio Bisa dibilang Mio merupakan bintangnya motor matik di Indonesia. Bagaimana tidak sejak peluncurannya hingga saat ini, penjualan Mio mampu mendongkrak share penjualan Yamaha. Kehadirannya bahkan membuat sang kakak alias Nouvo menjadi kalah populer. Lucunya, meski diperuntukkan untuk kaum hawa, Mio terbukti laris manis dibeli para pejantan tangguh. Kalau mau jujur, Mio berhasil mengedukasi pasar dan membenamkan image bahwa motor matik oke-oke saja digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Kalaupun ada yang kurang dari sosok Mio adalah faktor tangki bahan bakar yang imut, sehingga membuatnya harus sering mampir ke pompa bensin. Kapasitas tangki Mio menurut buku manual ''cuma'' 3,7 liter — sama dengan bebek Honda. Masalahnya, motor matik cenderung boros karena membutuhkan putaran mesin yang cukup tinggi agar motor bisa bergerak — lebih tinggi dari motor bebek dan motor sport. Selain itu, penyakit bawaan Mio adalah bunyi tikus di sektor roda belakang.

Dari sisi mesin, Mio tidak menyodorkan sesuatu yang baru. Mio dikemas Yamaha dengan harga yang relatif terjangkau — masih di bawah bebek. Dilempar dengan dua varian pada umumnya: spoke wheel dan CW. Berhubung Mio memang si pelopor, wajar bila aksesori dan spare parts-nya bejibun di pasaran. Termasuk racing parts dan pola modifikasi yang bisa diterapkan konsumen pada Mio kesayangannya. Apalagi Yamaha pun membuka kontes modifikasi yang bikin Mio tambah banyak variasi modifikasinya. Dari sisi bengkel, mekanik Yamaha sudah duluan mengenal teknologi CVT sehingga tak perlu khawatir motor ini tidak bisa ''diurus'' oleh bengkel.

2. Honda Vario

Honda VarioYang satu ini sangat-sangat diwaspadai oleh Yamaha. Maklum, Vario memiliki segalanya untuk meluluhlantakkan dominasi Mio di pasar. Mengusung mesin tipe baru dengan radiator, namun memiliki cc yang lebih kecil di bawah Mio (108 cc). Dengan segala fitur baru yang ditawarkan plus nama besar Honda, pesona produk matik keluaran Honda ini membuatnya ngetop bahkan sebelum motor ini nampak wujudnya di Tanah Air. "Rasa Mio" sangat kental di Honda Vario ini, tetapi ada beberapa tambahan yang merupakan ciri khas Honda disertakan dalam produk matiknya yang pertama di Indonesia ini.

Dari sisi mesin, calon pembeli mesti waspada. Kendati nama besar, jaringan servis Honda tidak perlu diragukan, banyak pengalaman yang tidak mengenakkan setiap kali pabrikan me-launching motor dengan teknologi mesin baru. Ingat kasus MX? Ingat kasus Karisma? Di mana Honda merombak teknologinya dengan meluncurkan Karisma, seketika itu juga komplain bermunculan. Plus satu lagi, teknologi pendingin menggunakan radiator. Terima kasih kepada Yamaha yang sudah membuat konsumen panas-dingin dengan kasus tercampurnya oli dengan air radiator di MX. Waspada.

Diprediksikan nama besar Honda mampu melenyapkan image bahwa motor matik boros bahan bakar. Apalagi dengan cc mesin yang lebih kecil dari Mio, tampaknya Honda memang mengejar irit. Sayangnya, irit tidak lagi irit bila mengingat Honda Vario mengusung mesin baru dengan radiator. Penambahan fitur radiator memang hi-tech, tetapi sekaligus membuat ongkos perawatannya pun bertambah. Belum lagi, Honda terkenal dengan banyak kasus kelangkaan spareparts di pasar (NSR, Tiger, Karisma, Sonic). Hal yang kerap membuat konsumen frustrasi.

Dari sisi kesiapan mekanik, memang tidak perlu ragu. Dengan segala sumber daya yang dimiliki Honda, sanggup membuat mekanik di seluruh jaringan servisnya bisa menangani motor matik. Harga jual Honda memang tidak murah dan paling tinggi di antara pabrikan Jepang lainnya. Vario harganya hampir setara dengan motor bebek. Hal ini tentu bisa menjadi faktor penghambat penjualan Vario nantinya karena dianggap terlalu mahal. Pun begitu, nama besar Honda lagi-lagi sanggup menghipnotis konsumen sehingga label harga berapa pun asal ada logo sayap kepak, tentu bukan masalah.

3. Suzuki Spin

Suzuki Spin, standar, belum modifikasiDibanding kedua kompetitornya, keunggulan Spin cuma satu, kapasitas paling besar 125 cc. Lainnya tergolong biasa saja. Bentuknya juga lebih condong ke Mio. Dengan kapasitas 110 cc saja matik sudah terasa boros bila dibanding bebek, bagaimana bila 125 cc? Ini bisa jadi kelemahan sekaligus keuntungan Spin. Penggila kecepatan, tentu akan memilih Spin yang memiliki kapasitas terbesar.

Poin plus ada di masa servis yang ditawarkan Suzuki, tiga tahun free service dan ganti oli. Ini sangat menguntungkan di masa sulit seperti ini. Belum lagi soal servis dan garansi, Suzuki yang paling andal dari dulu. Berani sekali dan jadi pelopor di antara kompetitor lainnya. Jadi jika konsumen membeli Spin, tidak usah pusing memikirkan servisnya. Apalagi teknologi mesin Step masih sebelas dua belas dengan Shogun 125 series/Arashi seperti layaknya Mio dengan Vega series/Jupiter series. Tidak menggunakan radiator. Simpel.

Mandi, Bikin Segar dan Sehat!

Menurut penelitian terbaru mandi ternyata tidak hanya baik untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan menjauhkan stress, tapi mandi juga memiliki peranan penting meningkatkan sistem kekebalan, membantu kulit terhindar dari penyakit seperti eksema dan bahkan menyembuhkan masalah medis serius.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan penderita diabetes yang menghabiskan hanya setengah jam berendam dalam bak air hangat dapat menurunkan tingkat gula darah sekitar 13 persen.

Penelitian terpisah di Jepang menunjukkan 10 menit berendam dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria maupun wanita, membantu mereka menjalani test olahraga lebih baik dan mengurangi rasa sakit.

Apa manfaat mandi dan berapa lama anda sebaiknya mandi? Berikut beberapa petunjuk mandi asyik dan menyehatkan:

Mengeluarkan racun

Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan toksin. Mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik. Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit.

Stress

Jika anda benar-benar mengalami stress, mandi air dingin akan menjadi jawaban yang tepat. Temperatur yang dianjurkan sekitar 12-18 derajat Celsius. Mandi air dingin sangat baik meredakan ketegangan, sebaliknya dari air hangat karena mandi air dingin dapat mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah.

Eksema

Penyakit kulit tertentu seperti eksema, ruam atau gatal-gatal dengan menambahkan baking soda (sodium bicarbonate) ke dalam bak mandi dapat membuat perbedaan besar. Sodium bicarbonate bertindak sebagai antiseptik. Isi air dengan air hangat kuku, tambahkan kira-kira satu pound baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

Infeksi

Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam. Tambahkan pada air hangat dan berendam selama 15-20 menit.

Flu dan Sakit Kepala

Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu menyembuhkan flu dan sakit kepala dan juga menyegarkan kembali kaki yang lelah. Masukan air hangat secukupnya dalam bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai basuh dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

Insomnia

Merendam kaki dalam air dingin sangat baik bagi anda yang memiliki masalah insomnia atau mereka yang memiliki masalah tidur. Masukan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, flu dan sembelit.

Sirkulasi

Cobalah merendam kaki secara bergantian antara air hangat dan air dingin jika anda mengalami masalah sirkulasi. Mulai dengan merendam kaki selama satu atau dua menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian diselesaikan dengan air dingin.

Selamat mencoba ya, khususnya yang males mandi..hehehe(just kidding..bro...)

Kamis, 21 Agustus 2008

Motor Mau Irit BBM?

Bila motor mau irit, pembakaran harus sempurna. Intinya, semua campuran bensin dan udara di ruang bakar terbakar tuntas. Tidak ada kerak atau asap. Makanya penting merawat komponen pembakaran, apalagi setelah harga bahan bakar minyak (BBM) naik.

Cairan Kimia
Merawat komponen pembakaran, sebaiknya serahkan ke bengkel. Sebab, belum tentu kita punya alat melepas karburator, kepala silinder, piston dan juga kem di motor 4-tak. Juga belum tentu bisa memasangnya kembali.

Cara gampang tanpa harus membongkar komponen-komponen seperti di atas, bisa dengan menggunakan cairan pembersih khusus ruang bakar (engine conditioner). Banyak pilihan, ada DCS, Carb Cleaner dan AHRS Engine Cleaner.

Selain gampang, jauh lebih irit lantaran sekaleng pembersih harganya berkisar Rp25 ribu – Rp40 ribu. Ongkos bongkar pasang di bengkel pasti lebih dari itu.

Ketika disemprotkan ke ruang bakar, kandungan kimia di cairan pembersih mesin bisa melunakkan kerak sisa pembakaran. Malah cairan yang bagus bisa bikin kerak jadi serbuk debu yang keluar bersama gas buang. “Jadi bisa dipastikan, kecil kemungkinan sisa kerak yang terangkat merusak dinding piston atau silinder,” yakin Hasyim yang pernah kuliah Teknik Mesin di STTN, Yogyakarta.

Selain ruang bakar, semprotkan juga ke mulut karburator. Langkah ini bisa membersihkan lubang karburator. Penyemprotan dilakukan berbarengan dengan mesin hidup pada putaran tinggi (8.000-9.000 rpm). Maksudnya agar kotoran langsung terisap ke ruang bakar dan terbuang tanpa harus menyemprotkan dengan angin kompresor.

Jika ingin lebih sip, cairan pembersih bisa disuntik langsung ke ruang bakar. Kiat ini dapat lebih membersihkan kepala piston dan kepala silinder. Caranya tentu dengan membuka busi lebih dulu. Menurut Hasyim, teknik ini didahului memanaskan mesin. Maksudnya panas membuat reaksi kimia cairan pembersih cepat melumerkan kerak. "Biarkan cairan bekerja 10 sampai 15 menit, lalu hidupkan mesin. Memang, mesin agak sulit dihidupkan. Kalau sudah bisa, digas-gas supaya kotoran terbuang lewat knalpot," terang Hasyim.

Kelistrikan dan Api
Komponen lain yang menentukan sempurnanya pembakaran adalah elektronik. Mulai dari sepul, pick-up coil alias pulser, kiprok, aki, CDI, koil dan busi. Termasuk juga kabel, soket dan kepala busi pun penting sebagai penghantar listrik.

Arus listrik yang bagus harus disokong penghantar yang baik pula. Makanya, sambungan antar kabel (soket) dan kedudukan ground alias massa jadi penting.

Membersihkannya pun cukup gampang. Cukup kerik permukaan konektor atau gosok pakai ampelas. Bisa juga pakai cairan kimia pelumas yang banyak dijual di toko onderdil dengan harga di Rp 30.000-an. Misalnya, MTR, WD40 dan AHRS Multicare. Jika pakai cairan kimia perawatan, cukup menyemprotnya ke seluruh konektor. Jangan lupa ke titik massa atau ground.

Kelar itu, bersihkan juga busi. Terutama bagian kepalanya, yaitu elektrodanya agar percikan api lebih besar dan biru. Jangan lupa setel kembali gap atau jarak antar elektroda busi. Rata-rata tiap pabrikan motor menganjurkan 0,7 mm. Biar api busi besar dan biru. Mulai sekarang, hitung konsumsi BBM-nya.

Penyebab Gigi Persneling Motor Susah Pindah

Kesal rasanya, lagi asyik merayap di tengah kemacetan dengan sepedamotor, lantas ingin melakukan akselerasi. Perpindahan setiap gigi persneling keras. Malah timbulk suara keras dibarengi entakan.

Kondisi seperti ini jelas sangat membahayakan. Terutama kala saat menyalip mobil kemudian ada kendaraan dari depan. Lantaran perpindahan persneling terlambat, yang tadinya diperhitungkan bisa menyusul, akhirnya malah kesenggol mobil dari depan.

Seret alias susahnya pindah gigi persneling diprediksi ada komponen yang perlu diganti. Mekanik Waluyo dari Xelon Motor di Petukungan Utara, Jakarta Selatan ada tiga tahap pengecekan seperti di bawah ini.

1.Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling.

Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, namun akselerasi agak lamban. Sebaliknya, terlalu renggang bikin pindah gigi sulit. Pasalnya, ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan. Idealnya, menurut Waluyo, jarak kerenggangan sekitar 3 mm.

2. Cek arm pendorong kopling

Jika bola penekan arm otomatis dan alurnya sudah mulai rusak, biasanya persneling susah dipindahkan meski mur-baut speling sudah disetel.

3. Pelat kopling

Jika dengan arm pendorong tidak ada masalah, cek pelat kopling. Bila komponen ini sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas koplingt jadi nggak maksimal. Alhasil, girboks yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi.

Untuk mengetahui kalau pelat sudah melengkung, dikasih tahu oleh Waluyo bisa lihat tekanan balik kampas dengan pelat yang di rumah kopling. Cara lain, kampas bisa diletakkan di atas kaca. Bila sudah belengkung sebaiknya diganti.

Ukuran Pelek dan Ukuran Ban Yang Sesuai

Untuk menjaga kestabilan dan kenyamanan serta performa suatu kendaraan maka kita perlu menyesuaikan ukuran ban dengan pelek yang akan kita gunakan, hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan serta keamanan dan kenyamanan saat bermanuver ataupun pengereman.

Ukuran ban yang terlalu lebar dar pelek amat sangat tidak di rekomendasikan walaupun kadangkala seorang biker memperlebar ukuran rodanya dengan tujuan agar manuver menikung lebih mantap dan stabil, emang kita akan memperoleh kestabilan dalam bermanuver tapi di sisi lain kekuatan dan daya tahan pelek kita akan berkurang karena daya tekan roda ke samping sangat besar sehingga ini sangat membahayakan jiwa kita semua.

UKURAN PELEK | UKURAN BAN


1.20 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = OK
1.40 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Kotak
1.60 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok
2.15 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok
2.50 X 17" | 2.00-17 ; 50/90-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Pas
1.40 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = OK
1.60 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Kotak
1.85 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok
2.15 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok
2.50 X 17" | 2.25-17 ; 60/90-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK
1.40 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Pas
1.60 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = OK
1.85 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Kotak
2.15 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok
2.50 X 17" | 2.50-17 ; 70/80-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Bulat
1.40 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK
1.60 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Pas
1.85 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = OK
2.15 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Kotak
2.50 X 17" | 2.75-17 ; 80/90-17 = Ngga Cocok

1.20 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Bulat
1.60 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK
1.85 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Pas
2.15 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = OK
2.50 X 17" | 3.00-17 ; 90/80-17 = Kotak

1.20 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Bulat
1.85 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK
2.15 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = Pas
2.50 X 17" | 3.50-17 ; 100/80-17 = OK

1.20 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Bulat
2.15 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = OK
2.50 X 17" | 4.00-17 ; 110/80-17 = Pas

1.20 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok
1.40 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok
1.60 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok
1.85 X 17" | 120/70-17 = Ngga Cocok
2.15 X 17" | 120/70-17 = Bulat
2.50 X 17" | 120/70-17 = OK

Cara Membaca Kode Ban

Untuk mengetahui ukuran, kekuatan, kecepatan dan umur daru ban motor maka dalam setiap ban motor terdapat kode, dimana kode ini memberikan arti akan semua informasi tersebut. Dalam pembacaan kode ban motor tersebut tidak dapat secara langsung dapat terbaca, melainkan ada tips dan trik untuk membaca kode dalam ban tersebut sehingga sebelum membeli ban baru kita bisa mengetahui kapan ban tersebut di buat/diproduksi, kekuatan ban, ukuran serta kemampuan kecepatan ban tersebut.

Pada ban sepeda motor terdapat kode yang berupa angka atau huruf misalnya 4.60-H-18 4PR atau 130/90-16 67H. Informasi apa yang bisa kita dapat dari kode tersebut? Dibawah ini kita bahas sebagian diantaranya.

Ada dua macam kode ban yang biasa digunakan yaitu kode Imperial dan Metric.

Contoh kode Imperial

4.60-H-18 4PR

4.60 menyatakan lebar ban ( dalam satuan inchi )
H menunjukkan batas kecepatan pemakaian (untuk scooter max 100 km/jam)
N max 140 km/jam
S max 180 km/jam
H max 210 km/jam
V max 250 km/jam

18 menunjukkan diameter velg / rim ( dalam satuan inchi )
4PR menunjukkan kekuatan ban yang didasarkan pada kekuatan serat kain ban/ ply rating
4PR berarti penggunaan lapisan kain dari bahan nilon didalam carcass berindikasi kekuatan setara dengan 4 lapisan kain ban.

Untuk kode Imperial, aspect ratio (perbandingan tinggi ban terhadap lebar ban) didasarkan pada nilai 100 % (tinggi ban sama dengan lebar ban).
Contoh kode Metric
130/90-16 67H
130 menunjukkan lebar ban (dalam satuan mili meter)
90 menunjukkan perbandingan tinggi ban terhadap lebarnya.
90 berarti perbandingan tinggi ban 90 % dari lebarnya. Jika lebar 130 mm, maka tinggi ban 90 % x 130 mm = 117 mm. Aspect ratio yang kecil akan meningkatkan stabilitas dan handling kendaraan.
16 menunjukkan diameter velg / rim (dalam satuan inchi)
67 menunjukkan beban maximum yang diperbolehkan (load index / LI). LI 67 berarti beban maksimum yang dapat ditanggung sebesar 307 kg.
H menunjukkan batas kecepatan pemakaian (sama seperti pada contoh diatas)
Jadi ketika kita akan membeli ban dengan merk yang berbeda perhatikan kodenya, dan periksa apakah sama spesifikasinya dengan ban yang sebelumnya kita gunakan.
Sumber : Yamaha Motor Indonesia

Mengganti Bohlamp Motor

Mengganti lampu motor dengan kapasitas watt yang lebih besar tidak dengan sendirinya menjadikan sorot lebih terang. Justru sebaliknya, umumnya lampu motor harus diganti dengan kapasitas watt lebih kecil untuk mendapatkan nyala lebih terang. Karena terdapat resiko bohlam lampu lebih cepat putus dan mati.

Berikut tips yang perlu diketahui sebelum mengganti bohlam lampu, agar pengguna kendaraan roda dua tidak banyak mengalami kerugian.

Mengganti lampu berukuran lebih kecil

Bila kurang puas dengan nyala lampu motor Anda, sementara tak ingin mengganti dengan halogen atau xenon, maka yang perlu dilakukan adalah mengganti lampu dengan watt sedikit lebih kecil. Kapasitas lampu motor pada umumnya 35 watt. Maka gantilah dengan yang berukuran 25 watt, jangan dengan ukuran 18 watt karena terlalu jauh.

Penggantian lampu lebih kecil 10 watt itu akan membuat nyala lebih terang sekitar tiga per empat kali dari nyala standarnya. Namun umur nyala lampu tersebut juga menjadi lebih pendek sekitar setengah kali dari umur rata-rata nyala lampu standar.

Mengganti lampu dengan halogen

1. Pilihlah jenis lampu halogen merek bonafid bila anda ingin menggantinya. Cara mengetahui merek berkelas antara lain dari kesamaan cetakan merek pada pembungkusnya dengan yang tertera di bagian tubuh bawah lampu. Selain merek, pada tubuh lampu tertera pula ukuran dan kapasitas lampu bersangkutan.

2. Pada halogen berkualitas buruk, umumnya dalam tubuh lampunya tak tertera merek seperti yang ada pada pembungkusnya. Logam dan filamennyapun nampak lebih kasar dan ringkih. Terdapat beda harga hingga tiga kali lipat antara halogen imitasi dengan yang berkualitas. Penggantian halogen tak perlu mengecilkan ukuran wattnya. Karena halogen yang lebih mahal dapat memancarkan sinar 1,5 kali lebih terang dibanding lampu standar. Jangan menyentuh permukaan kaca lampu halogen kala melakukan penggantian.

3. Sebab kegiatan ini dapat membuat lampu halogen menyisakan blackening (kehitaman) di permukaan kaca dalam. Itu terjadi karena begitu kaca tersentuh tangan, maka proses ionisasi dalam bohlam terganggu. Apalagi kalau kaca luar tersentuh tangan setelah lampu menyala, gejala menghitam dipastikan datang tak lama lagi.

Menganti lampu dengan xenon

Keputusan mengganti lampu dengan jenis xenon serupa dengan mengganti dengan halogen. Yang perlu diketahui adalah sifat xenon yang nyalanya lebih terang dan juga menghasilkan panas dua kali lipat dari lampu standar.

Karena itu logam tebal berkualitas harus menjadi bagian yang diperhatikan kala memilih merek xenon. Bagi motor standar penggantian dengan lampu xenon disarankan disertai dengan penggantian dudukan dan kabel yang berhubungan dengan lampu. Sebab dudukan lampu, kabel, bahkan reflektor motor standar bisa leleh karena xenon mengeluarkan panas dua kali lipat dibanding halogen.

Ketahui sistem sumber kelistrikan motor bersangkutan

Ini perlu karena berkait dengan pemilihan ukuran lampu bila memerlukan penggantian. Untuk jenis motor tertentu, seperti di antaranya Honda Tiger, Suzuki Intruder, atau sebagian motor buatan Cina, sistem kelistrikannya amat ditopang oleh aki. Karenanya lampu bisa saja diganti dengan ukuran lebih besar bila menginginkan nyala lebih terang.

Cara paling mudah mengetahui motor menggunakan sistem itu adalah kontak saja kuncinya. Kalau lampu utamanya terus menyala, berarti kendaraan itu menggunakan sistem pengontrol aki. Bila tidak, kendaraan tersebut mengandalkan sistem putaran kumparan untuk menghasilkan listriknya.

Mengenal Busi Palsu

Salah satu dari sekian banyak komponen spare part kendaraan yang sering dipalsukan `pedagang nakal` adalah busi. Ada saja cara yang digunakan seperti memproduksi tiruannya atau bahkan memoles barang bekas untuk dipakai kembali. Akibat memakai busi palsu dapat merusak kendaraan, disamping itu umur pakainya tidak lama. Namanya juga barang palsu, tentu kualitasnya tidak sebagus yang asli. Oleh karena itu berhati-hatilah membeli busi karena busi palsu banyak beredar di pasaran. Berikut ini beberapa petunjuk agar Anda dapat mengenali busi palsu :

1. Langkah pertama sebagai tindakan pencegahan :


Sebaiknya jangan membeli busi di sembarang toko spare part yang tidak jelas / tidak meyakinkan. Belilah di tempat yang terpercaya.

Biasakan mengamati busi asli dari merk yang biasa Anda beli sehingga Anda dapat membedakannya jika menemukan busi tiruannya.

Kalau perlu bawalah busi asli sebagai pembanding jika Anda ingin membeli kembali karena busi palsu sekilas penampilannya serupa namun tak sama.



2. Langkah kedua saat membeli busi amatilah secara fisik busi tersebut seperti misalnya:

Cermati warna keemasan pada busi dan lapisan keramiknya walaupun memiliki warna yang sama namun busi yang palsu biasanya warnanya lebih pudar.

Perhatikan part genuine-nya, yang asli berwarna putih sedangkan yang palsu agak keruh.

Perhatikan tipikal huruf pada merk/kode busi. Barang palsu biasanya tidak sama persis dengan yang asli seperti besarnya huruf, ketebalan cetakan, kemiringan huruf dll

Perhatikan permukaan center electrode. Busi palsu cenderung kasar dan tidak rata sedangkan yang asli permukaannya mulus.

Untuk busi bekas yang dipermak baru pasti telah dilakukakan pelapisan ulang sehingga perhatikanlah fisik businya. Misalnya center electrode-nya pasti lebih pendek dibanding yang baru dan berwarna cerah keabu-abuan akibat pelapisan ulang, padahal yang asli berwarna hitam. Warna keemasan yang berubah silver, keramiknya keruh dan terselip kotoran di celah badan

Tips Membeli Motor Bekas

Anda berminat untuk membeli motor bekas, usahakan untuk berhati-hati dan perhatikan motor itu sendiri. Karena tidak sedikit pula pembeli yang kecewa karena kesalahan mereka sendiri yang kurang berhati-hati memilih motor bekas tersebut. Langkah yang dapat anda lakukan adalah:


Langkah ke-satu cek harga pasaran.

Sebelum anda melakukan pencarian motor bekas yang akan anda beli, sebaiknya lakukan cek harga motor di pasaran terlebih dahulu baik dari koran, majalah atau mungkin bisa juga dari situs namaotomotif.com.


Langkah ke-dua cek nomor rangka dan mesin motor.

Periksa nomor rangka dan mesin motor, lalu sesuaikan dengan nomor rangka serta nomor mesin yang tertera pada STNK maupun BPKB.


Langkah ke-tiga cek kondisi fisik.

Periksa kondisi body, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah terlihat banyak goresan, kondisi retak ataupun pecah. Usahakan juga akan lebih baik jika semua yang menempel pada motor adalah parts orisinil.


Langkah ke-empat cek kondisi oli motor.

Usahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran Oli tidak berlebihan, karena Oli yg berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.


Langkah ke-lima cek speedometer.

Pastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat jumlah berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera anda diganti. Tentunya akan membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.


Langkah ke-enam hidupkan mesin motor.

Coba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm. Serta pastikan juga bahwa tidak ada bunyi-bunyian yang kasar di dalam mesin.


Langkah ke-tujuh cek perpindahan gigi.

Jalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Satu lagi yang perlu diperhatikan juga adalah, jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan. Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.


Langkah ke-delapan cek rangka atau sasis motor.

Perhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk pastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.


Langkah ke-sembilan cek kebocoran.

Usahakan anda dapat mencoba jalankan motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.


Langkah ke-sepuluh cek kondisi kelistrikan.

Periksa juga kelistrikan dan lampu-lampu seperti lampu motor depan, lampu sein, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer, atau elektrik stater motor. Apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.

Cara Membersihkan Batok Lampu Berembun

Sangat menjengkelkan sekali, berangkat ke kantor dengan pakaian rapi dan bodi sudah kinclong, tapi pada bagian dalam lampu depan berembun. Apalagi terjadi pada menjelang malam, sangat menggangu sorotan lampu.

Ada beberapa hal jadi penyebabnya. Ini dikarenakan ringkihnya sealer antara mika lampu dan reflektor. Kalau indikasinya di situ,lepas rumah lampu dan setelah terbuka rekatkan kembali dengan sealer yang baru. Walau lumayan repot, Anda bisa melakukannya sendiri.

Penyebab lain, embu masuk melalui soket lampu senja. Untuk mobil-mobil keluaran sekarang, lampu senja terintegreted denngan lampu utama.. Dan beberapa lampu senja yang karet sil lampunya mudah getas sehingga dapat disusupi air. Cukup dengan menggganti sil tersebut maka persoalan bisa dituntaskan.

Bagaimana jika embun bukan disebabkan karena dua hal di atas? Ada satu bagian lampu yang mungkin tidak banyak diketahui. Umumnya mobil-mobil terbaru, lensa lampu depannya terbuat dari bahan plastik. Tujuannya, selain mudah dibentuk, dengan plastik hemat biaya produksi dan berbobot ringan. Namun plastik tidak tahan panas. Padahal, bohlam halogen menghasilkan panas saat diaktifkan. Alhasil ia butuh lubang untuk mengeluarkan udara panas. Dan lubang itu berada di belakang lampu. Sudah kecil sering tersamar oleh soket dan pengatur arah sorotan lampu. Bisa jadi air masuk lewat situ kala mobil dicuci.

Cara membersihkannya, copot soket lampu bila yang dekat tabung cadanngan air radiator dilepas dulu. Setelah kaitannya terlepas, keluarkan lampu dari lubangnya. Ambil kalin majun lilitkan pada kayu dan ikat dengan karet dan masukkan ke dalam lampu melalui rongga lampu utama. Setelah digosok-gosok, lap untuk kedua kalinya, tapi menggunakan bahan mikrofiber. Bersih dah.

Air dalam Tangki

Seringkali motor knocking atau ngelitik, selain settingan yg belum pas, penyebab secara umum adalah uap bbm yg tidak lancar menuju ruang bakar.Penyebabnya air dan kotoran di dalam tanki, turun ke karburator.

Solusinya jelas, kuras karbu dan tangki. Tapi buat sebagian orang, menguras tanki cukup memakan waktu yg tidak sebentar, karena tanki dibilas dengan air dan bensin kemudian dikeringkan.

Tips ini diperuntukkan untuk rekan² yg tankinya sudah dikuras minimal 6 bulan kebelakang, sebab apabila tanki sudah 1 tahun tidak dikuras, dipastikan akan ada endapan kerak di dinding dalam tanki. Kerak tersebut agak sulit dibersihkan, bahkan hingga diperlukan bantuan kawat untuk mengorek.

Iseng-iseng abis pulang ngantor dan cuci motor, rekan² bermodalkan selang aquarium dan tabung suntikan bisa menguras air di dalam tanki dengan cara :

1. Lepas tanki dari motor, siapkan kain lap untuk dijadikan alas tanki di lantai, balikkan tanki dan tidurkan
2. Lepas baut keran dan tutup pelampung
3. Lepas 4 baut 10 pelampung
4. Tarik pelampung keluar
5. Hati-hati agar kawat pelampung tidak tersangkut dan bengkok
6. Masukkan selang aquarium ke dalam lubang pelampung

Selanjutnya,

1. Siapkan senter, cek dasar punggung tanki dari endapan air yg berwarna kecoklatan
2. Isap menggunakan suntikan atau mulut, tarik keluar kotoran dari dasar punggung tanki
3. Kotoran dan air dapat dibedakan di dasar tanki akibat bbm yg bening
4. Masukkan kembali pelampung, dan kencangkan bautnya sekuat jemari memutar kunci T, jangan paksa, dapat mengakibatkan baut dudukan pelampung patah

Selanjutnya,

1. Buka kran tanki, buang bbm di bak keran, biasanya kotor kecoklatan
2. Pastikan tidak ada endapan cokelat di dasar bak keran, apabila ada.. ada air di dasar tanki
3. Bersihkan bak keran dengan lap
4. Angkat juga saringan keran dengan mencongkel lembut dulu seal o ring-nya
5. Pasang kembali, hati² seal O ring hilang terjatuh

Kencangkan secukupnya, jangan terlalu dipaksa, seal O ring yg membantu bensin tidak merembes, setelah tanki di kembalikan ke posisi telungkup, cek dari tutup tanki, biasanya ada rembesan bbm di sekeliling tutup tanki, logikanya, dipastikan apabila hujan, air akan masuk melalui celat di tutup tanki, celah ini diakibatkan seal tutup tanki sudah aus, sehingga tidak rapat lagi menempel ke bibir lubang bbm.

solusinya mudah, ambil sendal bekas kemudian potong mengikuti pola karet tutup tanki cari yg ketebalannya skitar 3mm agar tutup tanki juga mudah ditutup kemudian cara ini setidaknya mengurangi rembesan air hujan ke dalam tanki. secara estetika, karet sendal terhalang tutup tanki, sehingga tidak menganggu tampilan kendaraan kesayangan rekan²

Rabu, 20 Agustus 2008

Teledor = Bunuh Diri ?

CVTAcuh terhadap tunggangan sama juga mengundang maut alias bunuh diri. Betul? Maka itu, nggak ada salahnya berlibur, nggak ada salahnya berikan perhatian lebih kuat pacuan kesayangan. Mumpung libur, nggak ada salahnya buang waktu 5-10 menit untuk memperhatikan kinerja part motor, rasanya lebih bijak.


Sebab jika tidak perhatian, ada part yang fungsinya vital malah dibiarkan. Akhirnya selain uang melayang, nyawa juga bisa ikut dibiarkan. Apalagi, mengingat kondisi lintasan jalan nggak selamanya mulus. Jalan masih banyak lubang menganga dan menunggu bagai mulut buaya aias menjebak bikers. Makin sedh lag, buat penyemplak skubek juga skuter. Soale, lingkar roda kecil bisa terjembab kala menghajar lubang.

Ada beberapa kasus yang terpotret M-Plus. Semuanya akibat keteledoran sang pemilik skubek. Baik itu ketika dipakai jalan atau saat tidak berkendara. spoke

JARI-JARI PATAH

Ini khusus buat skubek yang pakai tipe spoke alias jari-jari. Akibatnya kerap atau langganan melintas di jalan rusak dan berlubang. Jari-jari bisa juga patah. Itu Karena batang spoke tak kuat meredm benturan. Benturan antara pelek dengan tromol dan jalan. Makin parah kalau pelek dan jari jari jarang kena sentuhan air alias dicuci. Batang riskan patah, itu karena kotor bisa menyebabkan karat alias korosi.

Kalau jari-jari patah dibiarkan, masalah bisa merembet ke bagian lain. "Paling sering sih, laher roda. Tapi jika laher aus dibiarkan, bisa saja teromol ikutan termakan".

SLIDING SHEAVE PECAH

Sleading sheave pecah, jelas bahaya. "Ini terjadi akibat motor digeber maksimal dalam keadaan posisi standar tengah terpasang. Apalagi digeber tanpa beban dan tak berkendara, akhirnya sliding sheave pecah, " ujar H. Indra menjelaskan.

Ini kasus yang parah menurutnya. Karena biasanya, kalau digeber seperti itu hanya mangkok kopling yang oleng. Kejadian ini juga bisa terjadi karena motor digas tanpa memasang rumah CVT.

Menurut H. Indra, rumah CVT juga berfungsi sebagai pengunci puli. Maksudnya bukan dikunci kayak gembok tapi rumah CVT juga ada laher. Dan laher ini juga yang berfungsi sebagai balancer gerakan puli.

Ketika rumah CVT tidak dipasang, sliding sheave yang bekerja ketika puli naik turun tidak maksimal. "Parahnya lagi, hal ini bisa menyebabkan as rasio menjadi bengkok atau nggak center, " tambah Dodo.

TEROMOL PECAH

Ini salah satu keteledoran. Tak sadar sering melintas jalan rusak, kondisi kaki kaki tak diberikan perhatian lebih. Akibatnya teromol yang bermula dari retakan kecil menjadi besar dan bolong akibat lama dibiarkan.

Apalagi teromol skubek ada lubang as roda yang bergigi. 'Nah bagian itu dibuat dari besi, sedang teromol dari alumunium. Akibat sering menghajar lubang, sambungan besi dan almu kerp lepas," ujar H. Indra mekanik GT Speed.

Betul!, So, selain teromol bisa peca, ada kemungkinan juga as atau sil sokbreker rusak. Misal, as sok depan lecet akibat debu yang dibiarkan bergesekan dengan as. Akhirnya, oli meter keluar. Maklum, namanya jalan rusak debu pasti hinggap. Terlebih motor jarang dimandikan.

BELT AUS ROLLER PEYANG

RollerSering denger bunyi aneh dari rumah CVT? Salah satunya bisa disebabkan akibat kualitas V-Belt yang mulai aus," Jadi ketika V-Belt bergesekan dengan puli, belt tidak lagi menggigit sempurna, " katanya.

Lain halnya roller yang mulai aus. Meski tidak berbunyi, tapi mudah dideteksi. Yaitu lari motor menjadi berkurang. "Itu karena roller yang berfungsi macamgir sudah ringan dan tak bekerja sempurna, " tambah H. Indra dengan logat betawinya.

Panduan Umum Berkendara Berboncengan

boncenganBeberapa dari kita mungkin belum memahami dan beranggapan bahwa ketika mengendarai motor berboncengan, seluruh aspek keselamatan diserahkan kepada pengendara. Hal ini tentu saja tidak seluruhnya tepat, karena pembonceng juga mempunyai tugas dan tanggung jawab seperti halnya pengendara. Aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan ketika sedang berkendara berboncengan? Berikut ini adalah seri terjemahan bebas dari artikel Motorcycle Safety Foundation.
Pertimbangan Legal
Patuhilah seluruh aspek hukum yang berlaku mengenai ketentuan berkendara dengan penumpang. Di Amerika, negara2 bagian biasanya mempunyai aturan perlengkapan khusus yang harus dipatuhi, dan semua aturan itu sangat layak untuk diterapkan dinegara kita ini. Misalnya: motor harus mempunyai pijakan kaki penumpang, penumpang harus bisa mencapai pijakan kaki, dan motor harus mempunyai area tersendiri untuk penumpang.

Keputusan membawa anak kecil -dengan asumsi bahwa semua faktor legal dan keamanan telah dipenuhi-, diserahkan bagi orang tua atau penjaganya. Yakinkan bahwa anak-anak telah cukup matang untuk mengerti tanggung jawabnya, cukup tinggi untuk mencapai pijakan kaki, mengenakan helm yang dipakai dengan benar dan peralatan pengaman lainnya, dan berpegangan ke tempat pegangan penumpang. Pada banyak negara maju, ada aturan mengenai batasan minimal usia pembonceng.

Persiapan Pengendara
Berikut ini adalah persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum berkendara.
  • Penumpang harus dianggap dan berlaku sebagai pengendara ‘aktif’ kedua, sehingga mereka dapat membantu mengingatkan apakah keselamatan dan prosedur pengoperasian telah diikuti dengan baik.
  • Penumpang akan mempengaruhi karakteristik pengendalian motor sebagai akibat dari beban tambahan dan adanya pergerakan tambahan.
  • Penumpang berpotensi bergerak kedepan ketika berhenti mendadak, dan helm penumpang mungkin akan membentur helm Anda. Perhatikan hal ini.
  • Ketika mulai bergerak dalam posisi diam mungkin membutuhkan bukaan gas lebih besar dan penyesuaian kopling pada kendaraan tipe sport.
  • Sebagai akibat dari beban tambahan, efek pengereman mungkin akan terpengaruh. Mengeremlah lebih awal, dan mungkin diperlukan pengereman lebih dalam untuk menghentikan kendaraan.
  • Gunakan beban di roda belakang untuk membantu menaikkan efektivitas dan tenaga pengereman dari rem belakang, terutama dalam kondisi yang mengharuskan berhenti mendadak.
  • Mengendarai di jalan menurun akan berakibat jarak pengereman menjadi lebih jauh.
  • Berikan perhatian lebih ketika di tikungan karena beban yang bertambah.
  • Sudut ketika menikung mungkin akan berubah, perhatikan hal ini.
  • Mendahului dalam keadaan berboncengan membutuhkan ruang dan waktu yang lebih besar.
  • Efek hembusan angin, terutama angin dari samping akan lebih terasa, waspadai hal ini.

Persiapan Motor
Motor yang akan digunakan harus didesain untuk memuat penumpang. Perhatikan buku panduan kendaraan bermotor pada bagian tips seting motor dan rekomendasi operasional yang lain. Jika diperlukan, sesuaikan suspensi dan tekanan ban karena beban tambahan. Harus diperhatikan agar tidak melewati batas berat yang telah ditetapkan karena akan mempengaruhi handling dan aspek keselamatan.

Persiapan Bagi Penumpang
Penumpang harus cukup tinggi untuk mencapai pijakan kaki dan cukup dewasa untuk mengerti tanggung jawabnya sebagai penumpang. Sama halnya dengan pengendara, penumpang harus mengenakan pakaian pengaman yang sesuai. Sebelum berkendara, penumpang harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya terhadap aspek keselamatan (lihat #7 di bawah). Terakhir, penumpang harus sadar bahwa dirinya merupakan pengendara kedua dan berbagi tanggung jawab terhadap keselamatan bersama.
Pertimbangan Mengenai Keselamatan Secara Umum
  • Anda harus cukup berpengalaman dalam berkendara dan mempunyai perilaku yang mengacu kepada keselamatan berkendara sebelum mengemban tugas ekstra dengan membawa penumpang.
  • Praktekkan kontrol kopling/gas dalam kecepatan rendah seperti dalam situasi normal dan ketika harus berhenti secara mendadak dalam area yang aman seperti tempat parkir terbuka dengan penumpang.
  • Ekstra waspada ketika menikung. Kembangkan keahlian menikung setiap waktu agar Anda dapat memastikan bahwa penumpang merasa nyaman dan aman.
  • Ekstra waspada ketika menikung karena clearance akan berubah.
  • Gunakan strategi Search, Evaluate, Execute (S.E.E) agar Anda berada dalam level keselamatan yang tinggi
  • Berikan waktu penumpang untuk menyesuaikan diri terhadap kecepatan serta posisi condongnya badan; kecepatan harus cukup aman konservatif sampai penumpang terbiasa dengan teknik berkendara yang dilakukan.
  • Yakinkan penumpang mengikuti prosedur sekelamatan:
- Menggunakan pakaian keselamatan secara lengkap dan baik.
- Berpegangan pada pinggang atau pegangan penumpang yang disediakan.
- Posisikan kaki pada pijakan, bahkan ketika kendaraan berhenti.
- Jauhkan tangan dan kaki dari bagian yang panas atau bergerak.
- Ketika menikung, lihat kedepan melalui pundak pengendara ke arah tikungan.
- Hindari gerakan memutar atau gerakan tiba-tiba yang bisa mempengaruhi pengendalian.
-Ketika melalui rintangan, berdiri dengan posisi lutut ditekuk. Biarkan kaki meredam efek guncangan.
  • Persiapkan waktu lebih ketika mendahului kendaraan lain.
  • Bersiaplah untuk efek angin yang timbul.
  • Hindari kecepatan tinggi dan zig-zag.
  • Persiapkan terhadap kemungkinan benturan helm dari belakang ketika berhenti mendadak.
  • Hidupkan motor sebelum penumpang naik.
  • Naikkan penumpang setelah motor diturunkan dari standar, dan motor telah terpegang kokoh.
  • Ikuti Pelatihan Berkendara Dengan Penumpang.
  • Penumpang mengikuti Pelatihan Berkendara Dasar sehingga memahami tugas pengendara.

Akhirnya, selamat berkendara. Have a Safe Ride!

Bikin Irit MIO Pakai Spuyer Kaze


spuyerSeliter Premium Rp 6 ribu! Ah enggak masalah, karena banyak cara dilakukan untuk mengefisiensikan pemakaian bensin ini. Seperti dipraktikkan Ahmad, mekanik Hansen Motor (HM). Dia eksperimen di Yamaha Mio dengan pakai spuyer motor lain yang sama-sama pakai karbu vakum.

Maksudnya? “Ya, main jet punya Kawasaki Kaze, lalu pilot jet bawaan Honda Karisma,” papar pria biasa disapa Madun ini. Lo, apa istimewanya? “Ukuran spuyer itu lebih kecil dibanding punya Mio.” Wah, ini namanya nyekek, dong? Bukannya tak direkomendasi?


“Emang sih, pabrikan gak rekomendasi. Tapi ya, namanya akal-akalan, tetap aja banyak motormania yang menerapkan!” beber Madun. Oke.. oke... buat wacana, coba jelasin caranya gimana? “Pastinya, selain sediain spuyer tadi, juga karet slang!”

Nah, menurut Madun, karet slang buangan angin dipake biar bukaan jarum skep enggak terlalu gede. “Panjangnya cukup 1,5 cm!” sambar Madun sembari bilang, resepnya ini butuh biaya Rp 30 ribu buat beli repair kit karbu Kaze dan Karisma.


(kiri-kanan) Pilot Jet Kharisma, main jet Kaze dan potongan slang karet

Atau kalo mau irit, bisa juga hunting ke bengkel umum nyari limpahan spuyer yang tak terpakai. Cara pasangnya, pasti diawali membongkar cover bodi penutup karbu, lalu jok dan bagasi. Okelah, untuk tahap ini, Anda pasti sudah mahir melakukannya.

Setelah peranti pengabut terlihat, tinggal lepas selubung pengikat manifold, slang bensin dan pernafasan. Lalu copot mur pengunci di bawah karbu, tepatnya di tempat bersarangnya pelampung dan spuyer. Ganti spuyer Mio dengan Kaze.

Berikutnya tinggal lepas mur pengikat di tempat bercokolnya per berikut pangkal jarum skep. Selipkan potongan karet slang tadi di tengah per. “Kalo udah, tinggal pasang lagi karbu. Buktiin sendiri khasiatnya,” tantang Madun yang aseli Betawi ini. Bener, nih?


Tips Perawatan Ban Bocor

Bagi rekans yang suka berkendara, masalah ban tentu sering ditemui dan harus diwaspadai. Meskipun ban masih baru, tapi kalo lagi apes, kempes juga ketusuk benda lancip seperti paku dan semacamnya. Lalu ban itu digantikan ban serep dan dibawa ke tukang tambal ban. Apa yang dilakukan tukang tambal? Kiamatlah sudah ban baru kita. Ban yang tadinya utuh sekarang ditusuk dengan alat tusuk yang segede kelingking. Ban yang tadinya bocor hanya seujung jarum dibikin bolong kaya mulut pipa. Itu mah namanya tambal ban tubles!

Setelah dibolongin, tali serabut disumbatkan ke bolongan ban dengan regangan yang cukup potensial untuk semakin merusak ban. Mulai dari bahan karetnya, anyaman benangnya sampai anyaman kawatnya dibikin sobek dan putus berantakan, sehingga ban kita menjadi semakin lemah. Inilah bentuk kiamat dari ban kita setelah membayar ongkos tambal 8 - 10 ribu perak. Untuk pertama kalinya tambalan mungkin masih bisa bertahan selama beberapa minggu atau bulan. Tapi jika bocor lagi dititik yang sama kagak bisa lagi disumbat dengan tali serabut itu. Tapi harus menggunakan ban dalam! Emangnya enak pake ban dalam?

Inilah cara yang jauh lebih unggul (dalam hal kekuatan, tidak merusak sama sekali), hemat waktu, biaya dan tenaga, dan ......dapat dikerjakan sendiri tanpa melepas roda.

Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari pake tip-ex).

Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering. Setelah kering tetesi dengan lem power (power glue) merek apa aja sehingga lem meresap ke dalam lubang. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Lalu tunggu kering selama beberapa menit. Lalu pompa lagi Ok! Pekerjaan menambal selesai.

Apa keunggulannya?

(1) Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya kohesif karet sendiri, so... titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian yang lain. Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena hanya menggunakan lem. Life time guarantie!

(2) Tidak terjadi pelemahan sedikitpun pada jaringan ban.

(3) Tidak menambah massa yang mempengaruhi balancing.

(4) Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban. Menggunakan ban dalam menambah biaya, menambah rumit setting roda, keandalan yang lebih rendah dan risiko kegagalan yang jauh lebih tinggi.

(5) Tidak tergantung pada orang lain dan tukang tambal ban maupun alat-alat yang lebih rumit. Dapat dilakukan sendiri dengan mudah, cukup bermodalkan sebuah lem power Rp.1000 saja, dan satu pompa sepeda anak-anak di rumah.

Biaya yang jauh lebih rendah. Satu tabung kecil lem power dapat menambal puluhan titik bocor.

(6) Kondisi ban tetap utuh, seolah-olah ban tidak pernah mangalami bocor. Tidak merusak jaringan karet, benang dan kawat ban.

Selamat mencoba

Mengakali Busi Mati

Adakalanya ada keperluan yang mendesak sehingga kita terpaksa berpergian dimalam hari menggunakan sepedamotor, celakanya sepedamotor kita mogok di tengah perjalanan yang mana sangat jarang sekali ada bengkel ataupun toko onderdil yang buka.

Jangan panik dulu dorong kendaraan kita ketempat yang aman seperti pom bensin ataupun ketempat yang masih banyak orang berkumpul seperti pangkalan ojeg. Buka tools kit anda kemudian buka busi dengan kunci busi. Periksa sistim pengapiannya, caranya :
1. kunci kontak dalam posisi on
2. kick starter sambil menempelkan busi ke blok mesin
3. lihat apakah ada loncatan bunga api dikutub busi (busi benar-benar mati jika tidak ada percikan bunga api tetapi di kabel busi ada percikan/pengetesan lanjut tanpa busi)
4. setelah yakin bahwa jika sepedamotor anda rusak hanya karena busi yang rusak
dan anda tidak membawa cadangannya lakukan cara sederhana ini
- pecahkan kramik pada busi memakai batu yang bisa ditemukan di sekeliling anda
- cari sedikit kabel untuk menyambung karena tutup busi tidak bisa dipasang lagi
- pasang busi kembali
5. jalankan lagi mesin jika beruntung sepedamotor anda akan jalan lagi kurang lebih 40 km lumayan bisa untuk pulangkan? setelah sampai tinggal ganti busi siapa tau dirumah masih punya cadangannya.

Membuat kunci rahasia sepeda Motor dengan harga murah dan sederhana

Pada tulisan ini saya ingin memberikan informasi mengenai kunci rahasia atau pengaman yang di aplikasikan untuk sepeda motor.Rangkaian ini sangat sederhana dan dapat atau mudah di buat siapapun.pada akhir-akhir ini marak berbagai macam pencurian dan terutama sepeda motor banyak juga aksi pencurian.dan saya akan memberikan TIP atau cara membuat kunci rahasia ini.
Cara kerja rangkaian ini adalah apabila rangkaian ini saklarnya pada posisi ON, kunci rahasia akan bekerja. sistem kerjanya pada rangkaian ini adalah lewat lampu indikator netral pada sepeda motor. cara kerjanya yaitu pada waktu sepeda motor dihidupkan (star) dan saat memasukan gigi satu (1) mesin akan mati dengan sendirinya.

Bahan yang digunakan sangat sederhana sekali yaitu :
1. kabel (ukuran kecil)
2. Saklar
3. Relay (12 Volt)

Jumlah kabel yang di butuhkan tergantung selera kita yaitu letak saklar mau di letakan dimana, dan diusahakan saklar juga ukuran yang kecil agar praktis dan mudah di letakan di berbagai tempat.Untuk lebih jelasnya bisa masuk ke http://culture.freehosting.net selamat mencoba

Tips menyetel klep Sepeda Motor Honda

Ada kalanya Anda mencoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan
klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.
Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;
1. Obeng (-) besar
2. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
3. Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
4. Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
5. Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
6. Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
7. Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
8. Fuller gauge 1set
9. Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe
Sport)
3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka
tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring
14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet,
posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
• Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
• Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
• Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
• Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring
8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan
klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller
gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!
Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.
Berikut tips Menyetel Kopling Motor Bebek Honda!
Sediakan peralatan sbb:
1. Obeng (-) sedang
2. Kunci Ring 14-17
Langkah penyetelan :
1.
Kendorkan Mur pengunci baut stelan kopling dengan kunci ring 14 ke arah kiri hingga kendor
2.
Putar baut penyetel kearah kanan (searah jarum jam) hingga terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah
kiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti
3.
Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 - 1/8 putaran.
4.
Kencangkan Mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.
Periksa hasil penyetelan dengan cara
• Hidupkan mesin,
• Masukkan persnelling pada gigi 1 dan tahan pedal persnelling
• Putar gas hingga seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000RPM
• Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas, artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar,
berarti penyetelan belum tepat, maka harus diulang langkah diatas.
Demikian tips penyetelan kopling otomatis untuk semua motor bebek produksi PT. Astra Honda Motor.
Semoga bermanfaat!
Ngecek lampu depan mati / redup
Repot apabila malam-malam, lagi asyik-asyiknya naik motor sambil boncengin pacar, tiba-tiba lampu depan
redup… redup… dan akhirnya mati, wah repot kalo gitu.
apa yang harus kita lakukan?
begini nih cara ngecek kelistrikan pada lampu depan. kita ambil contoh motor ente adalah motor grand (biar agak
tuaan dikit):
1. pertama; perlu tahu terlebih dahulu komponen apa saja yang berhubungan yaitu ;
1. spull
2. kiprok
3. saklar kanan
4. saklar jauh dekat
5. lampu depan
6. lampu belakang
2. kedua; cek sambungan kabel-kabelnya, diantaranya semua kabel yang berhubungan dengan lampu depan
pada motor ini adalah ;
1. spull : kuning dan putih
2. kiprok : kuning, putih dan hijau
3. saklar kanan : kuning, coklat/putih dan coklat
4. saklar jauh-dekat : biru, coklat/putihdan hijau.
3. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna kuning dengan hijau, besarnya tahanan kira2
: 0,02-0,05Ohm, apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
4. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna putih dengan hijau, besarnya tahanan kira2 :
0,02-0,05Ohm apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
5. periksa tegangan (voltase) yang masuk ke kiprok pada saat motor dinyalakan dengan AVOmeter pada posisi
AC, dimana kabel kuning berhubungan dengan merah pd AVO dan kabel hijau berhubungan dengan kabel
hitam pada AVO
6. besarnya tegangan pada saat ditarik gas adalah maksimal 12-14Volt, apabila dibawah tegangan tersebut,
berarti kiprok anda bermasalah., dan minta di lem biru(lempar beli baru).
Grease… Penting untuk motor Baru Anda!
Anda baru beli motor? syukur kalo iya… berarti rejeki lancar, jangan bilang nggak! tapi belum, siapa tahu sebulan
lagi ketiban rejeki bisa beli motor baru, Honda lagi! ^_^
saya sisipkan beberapa tips buat yang baru beli motor baru, demi keamanan motor anda sehingga beberapa
komponen penting motor anda awet!
hal ini terasa sepele, namun sangat sering sekali orang lewatkan.
apaan sih, begini loh nggak usah panjang lebar, hal ini saya sampekan dikarenakan sudah berkali-kali kami
menemukan kasus-kasus dibengkel Ahass yang dikeluhkan oleh konsumen dan mekanik pada saat bekerja
dikarenakan kelalaian yang sepele ini, contoh kasus yang ada adalah ;
• pada saat penggantian Pad set (red: kanvas rem cakram) pasti 80% orang yang mau mengganti pad set ini
mengalami kesulitan saat melakukan bongkar pasang, yang dikarenakan baut-bautnya pada selek(red:ulir
aus/dol), buntutnya anda harus bawa tuh kaliper rem cakram ke tukang bubut tuk lepas baut-bautnya dan klo
dah gitu kita juga harus ganti tuh baut2 kaliper dech, nah klo gitu kan jatohnya lebih mahal, lha wong
niatnya mau ganti pad set koq malah mbredel ganti-ganti yang laennya.
• trus waktu mau ganti pedal rem(red:injakan rem) blk, waktu mau di copot, wah… susahnya setengah mati…
karena as-nya macet, ujung-ujungnya harus di potong dengan gerinda dan harus ganti as standar tengah +
standarnya, kan jadi lebih mahal juga.
• baut-baut pada body motor, klo jarang disentuh, begitu setahun mau ganti body biasanya susahnya juga
setengah hidup , musti di pake obeng ketok, yah ko pas ngetoknya, klo nggak kan kena body motornya,
malah lebih parah dech, di pahat, apalagi… tapi biasanya cara kuno bengkel umum ya gitu, pake obeng
minus yang tajem trus tuh baut yang susah dibuka di pahat aja kearah kiri tuk bukanya.
itu aja dulu dech contoh kecilnya…sebenarnya yang laen juga masih banyak tapi capek juga klo ngetik sebnayak
ini, apalagi belum tentu semua mau bacanya.
nih… yang ini yang penting tuk dibaca! kejadian-kejadian diatas, bisa kita cegah, caranya:
1. semuanya diatas kan disebabkan oleh usia komponen yang cukup lama dan jarang sekali dibuka, makanya
jadi berkarat dan saling nempel, kalo motor kondisi baru umumnya baut-baut masih gampang dibuka,
makanya buka tuh baut-baut kaliper dengan kunci L, lalu keluarin, nah bagian ulirnya olesin pake
grease(red:gemuk), dengan begitu baut nggak bakalan karatan nantinya, setahun kemudian mau ganti pad
set, gampang dech! tul nggak?
2. kalo urusan pedal rem dan as standar tengah, ini juga sama, bongkar dulu tuh komponen di bengkel, dengan
cara yang sama oleskan grease pada as standar tengahnya, dijamin 3 tahun juga nggak bakal
nempel/karatan.
3. kalo baut-baut body, anda harus pastikan dulu bahwa pada saat motor kondisi baru, semua baut bisa
dikendorin semua, dan sama kasih olesan grease secukupnya.
jadi dalam hal ini, grease berperan penting sekali buat motor anda untuk jangka yang lama, betul tidak?
Mengatasi Cover A/dashboard getar! Begini loh!
Berikut ini akan saya jelaskan cara mengatasi masalah klasik yang timbul pada motor Honda yaitu Cover HDL Fr
(red:
Cover Lampu depan) getar,
Sebelumnya perlu di ketahui bahwa getaran yang timbul pada Cover HDL Fr atau body-body setiap motor adalah
disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
Ada baut-baut yang kendor pada bagian dalam body/Cover HDL Fr dan Cover HDL Rr(red:cover lampu bagian
belakang) motor
Terjadinya pemuaian bahan Cover HDL Fr (plastic) yang dikarenakan suhu udara yang lembab/panas atau karena
sinar matahari.
Kalo hal ini terjadi pada motor kita, wah rasanya perjalanan nggak nyaman banget, betul ga?
Nah solusinya biar penyakit ini hilang, adalah sebagai berikut :
1. Peralatan yang disiapkan adalah
a. Obeng (+) ukuran sedang
b. Isolasi Double tip tebal (biasanya warna hijau)
2. Buka baut-baut pada Cover HDL Fr dengan obeng (+)
3. Lepaskan Cover HDL Fr dengan perlahan-lahan, hal ini harus berhati-hati karena apabila tidak, akan ada
beberapa part yang bisa patah bila dipaksa.
4. Periksa apakah ada baut pengikat Cover HDL Rr yang kendur (2 buah baut) apabila ada, keraskan.
5. Potong-potong Isolasi double tip sebanyak 4 potongan sepanjang 2cm.
6. Tempelkan potongan Isolasi double tip pada sisi pinggir Cover HDL Fr yang bersentuhan dengan bagian Cover
HDL Rr dari sisi kanan sampai kiri.
7. Pasangkan kembali cover HdL Fr dengan hati-hati
8. Pasangkan Screw dengan moment seperlunya,
9. Test hasilnya, nyalakan mesin, tarik gas apakah masih ada getaran?
Semoga sudah sembuh penyakitnya…
Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar
sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa
masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
1. siapin alat-alatnya
• kunci-kunci standar seperlunya
• kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
• bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin
bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
• bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang
terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
• bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
• lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
• balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
• kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
• buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi
tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
• mesin bagian kiri
o komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
• mesin bagian atas
o komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep,
piston, blok silinder
• mesin bagian kanan
o komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1
set
• mesin bagian tengah
o komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen - komponen pada bak yang berbeda
sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen
secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang
bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
• gasket kit A ( paking top set )
• gasket kit B ( paking full set )
• oil seal selah
• oil seal operan / persnelling
• oil seal gear
• oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam
proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu
dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
Tips menyetel klep Sepeda Motor Honda
Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan
klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.
Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;
1. Obeng (-) besar
2. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
3. Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
4. Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
5. Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
6. Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
7. Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
8. Fuller gauge 1set
9. Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe
Sport)
3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka
tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring
14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet,
posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
• Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
• Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
• Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
• Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring
8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan
klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller
gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!
Demikian, mudah-mudahan bermanfaat
Cara gampang Motor Honda Awet!
1. Servis Rutin
Setiap 2 bulan atau 2000 kilometer (tergantung mana yang lebih dulu di capai), hal itu tentu sangat penting
mengingat kita tidak memiliki peralatan yang secanggih bengkel favorit kita, disarankan ke bengkel Ahass, karena
item pemeriksaan lebih detail bergaransi, klo soal harga nggak mahal koq, dari pada buka-buka sendiri di rumah
dengan kunci-kunci yang kurang pas dengan baut/murnya, bisa-bisa malah ada yang aus/seleg, wah bisa berabe,
ujung-ujungnya malah ngeluarin duit lebih banyak lagi buat betulinnya.
2. Cuci motor anda!
Cuci sendiri / steam juga boleh, lakukan dengan rutin, setiap motor kita kucel, berdebu, sebaiknya bikin motor
tungganngan kita selalu bersih, karena motor yang jorok berbeda rasanya waktu dinaiki dengan motor yang
keadaannya bersih, betul nggak?
3. Periksa dan pastikan Oli tidak pernah telat ganti
Masa ganti oli sama dengan waktu servis, 2000km/2bln, Oli adalah bagian dari mesin yang tidak bisa di hindarkan
pemeriksaan rutinnya.
4. Adakah rembesan-rembesan oli di bawah mesin anda!
Periksa, karena kalo ditemukan oli anda akan berkurang, akibatnya kapasitas oli tidak sesuai dan mesin akan cepat
panas serta beberapa komponen mesin akan cepat aus, selanjutnya hal-hal yang terjadi adalah ;
• Knalpot keluar asap putih
• Suara mesin kasar
• Tarikan motor berat
• Nggak enak dech pokonya….
wuih… ngeri kan? kalo dah gitu kita jadi ngrogoh dompet dech dan habisnya ratusan ribu buat betulinnya!
5. Rante jangan dibiarkan kering
Kalo rante roda kering, cepet-cepet lumasin pake oli yang SAE-nya 80-90 kalo terlalu encer, maka akan cepet
kering lagi, kalo sering kekeringan rante cepet melar, akibatnya sering kendor dan harus sering-sering disetel trus
nggak lama minta ganti dech… tapi kalo rutin ngecek dan lumasin rante, dijamin awet!
6. Panaskan mesin 2 - 3 menit saja
Kebanyakan bikers penunggang honda kalo manasin mesin bisa sampe 10-15 menit, perlu diketahui bahwa itu
adalah cara yang TIDAK TEPAT alias SALAH!, kenapa? sebab ada beberapa hal akibat dari cara yang salah itu
antara lain;
• Mesin cepat panas - karena pada kondisi mesin diam, mesin tidak mendapatkan sirkulasi udara yang
maksimal dan karena RPM mesin kecil sehingga sirkulasi pelumasan dari ruang mesin bawah ke blok mesin
atas kurang maksimal, sehingga bagian mesin atas akan cepat mengalami overheating (kepanasan), berbeda
pada saat kondisi jalan, ada udara yang secara paksa mengipasin mesin, jadi mesin mendapatkan sirkulasi
udara secara maksimal serta RPM yang tinggi membuat mesin mendapatkan pelumasan yang lebih
sempurna.
• Bensin boros - karena pada saat manasin mesin kondisinya berhenti maka campuran bahan bakar dan udara
tidak seimbang, bensin lebih banyak masuk keruangan pembakaran sedangkan udara lebih sedikit, akibatnya
campuran menjadi kaya sehingga apabila di cek businya akan kelihatan kehitam-hitaman, hal ini tandanya
bahan bakar yang di konsumsi oleh mesin terlalu banyak alias boros.
Jadi kalo manasin mesin motor honda anda sebelum ditunggangi paling lama 3 menit saja. di jamin mesin awet!
7. Gunakan HGP (Honda Genuine Parts)
Spare part lain tidak menjamin kualitasnya, tapi Honda Genuine Parts berani bicara, apalagi sekarang HGP sudah
mengeluarkan Spare Parts Honda yang BERGARANSI! untuk informasi hubungi ahass-ahass terdekat di kota Jawa
Barat, karena Spare part yang bergaransi tersebut itemnya terbatas.