Rabu, 20 Agustus 2008

Tips menyetel klep Sepeda Motor Honda

Ada kalanya Anda mencoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan
klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.
Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;
1. Obeng (-) besar
2. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
3. Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
4. Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
5. Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
6. Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
7. Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
8. Fuller gauge 1set
9. Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe
Sport)
3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka
tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring
14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet,
posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
• Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
• Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
• Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
• Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring
8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan
klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller
gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!
Demikian, mudah-mudahan bermanfaat.
Berikut tips Menyetel Kopling Motor Bebek Honda!
Sediakan peralatan sbb:
1. Obeng (-) sedang
2. Kunci Ring 14-17
Langkah penyetelan :
1.
Kendorkan Mur pengunci baut stelan kopling dengan kunci ring 14 ke arah kiri hingga kendor
2.
Putar baut penyetel kearah kanan (searah jarum jam) hingga terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah
kiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti
3.
Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 - 1/8 putaran.
4.
Kencangkan Mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.
Periksa hasil penyetelan dengan cara
• Hidupkan mesin,
• Masukkan persnelling pada gigi 1 dan tahan pedal persnelling
• Putar gas hingga seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000RPM
• Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas, artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar,
berarti penyetelan belum tepat, maka harus diulang langkah diatas.
Demikian tips penyetelan kopling otomatis untuk semua motor bebek produksi PT. Astra Honda Motor.
Semoga bermanfaat!
Ngecek lampu depan mati / redup
Repot apabila malam-malam, lagi asyik-asyiknya naik motor sambil boncengin pacar, tiba-tiba lampu depan
redup… redup… dan akhirnya mati, wah repot kalo gitu.
apa yang harus kita lakukan?
begini nih cara ngecek kelistrikan pada lampu depan. kita ambil contoh motor ente adalah motor grand (biar agak
tuaan dikit):
1. pertama; perlu tahu terlebih dahulu komponen apa saja yang berhubungan yaitu ;
1. spull
2. kiprok
3. saklar kanan
4. saklar jauh dekat
5. lampu depan
6. lampu belakang
2. kedua; cek sambungan kabel-kabelnya, diantaranya semua kabel yang berhubungan dengan lampu depan
pada motor ini adalah ;
1. spull : kuning dan putih
2. kiprok : kuning, putih dan hijau
3. saklar kanan : kuning, coklat/putih dan coklat
4. saklar jauh-dekat : biru, coklat/putihdan hijau.
3. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna kuning dengan hijau, besarnya tahanan kira2
: 0,02-0,05Ohm, apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
4. Periksa tahanan spull dengan alat AVOmeter pada kabel warna putih dengan hijau, besarnya tahanan kira2 :
0,02-0,05Ohm apabila memenuhi tahan std, maka spull bagus
5. periksa tegangan (voltase) yang masuk ke kiprok pada saat motor dinyalakan dengan AVOmeter pada posisi
AC, dimana kabel kuning berhubungan dengan merah pd AVO dan kabel hijau berhubungan dengan kabel
hitam pada AVO
6. besarnya tegangan pada saat ditarik gas adalah maksimal 12-14Volt, apabila dibawah tegangan tersebut,
berarti kiprok anda bermasalah., dan minta di lem biru(lempar beli baru).
Grease… Penting untuk motor Baru Anda!
Anda baru beli motor? syukur kalo iya… berarti rejeki lancar, jangan bilang nggak! tapi belum, siapa tahu sebulan
lagi ketiban rejeki bisa beli motor baru, Honda lagi! ^_^
saya sisipkan beberapa tips buat yang baru beli motor baru, demi keamanan motor anda sehingga beberapa
komponen penting motor anda awet!
hal ini terasa sepele, namun sangat sering sekali orang lewatkan.
apaan sih, begini loh nggak usah panjang lebar, hal ini saya sampekan dikarenakan sudah berkali-kali kami
menemukan kasus-kasus dibengkel Ahass yang dikeluhkan oleh konsumen dan mekanik pada saat bekerja
dikarenakan kelalaian yang sepele ini, contoh kasus yang ada adalah ;
• pada saat penggantian Pad set (red: kanvas rem cakram) pasti 80% orang yang mau mengganti pad set ini
mengalami kesulitan saat melakukan bongkar pasang, yang dikarenakan baut-bautnya pada selek(red:ulir
aus/dol), buntutnya anda harus bawa tuh kaliper rem cakram ke tukang bubut tuk lepas baut-bautnya dan klo
dah gitu kita juga harus ganti tuh baut2 kaliper dech, nah klo gitu kan jatohnya lebih mahal, lha wong
niatnya mau ganti pad set koq malah mbredel ganti-ganti yang laennya.
• trus waktu mau ganti pedal rem(red:injakan rem) blk, waktu mau di copot, wah… susahnya setengah mati…
karena as-nya macet, ujung-ujungnya harus di potong dengan gerinda dan harus ganti as standar tengah +
standarnya, kan jadi lebih mahal juga.
• baut-baut pada body motor, klo jarang disentuh, begitu setahun mau ganti body biasanya susahnya juga
setengah hidup , musti di pake obeng ketok, yah ko pas ngetoknya, klo nggak kan kena body motornya,
malah lebih parah dech, di pahat, apalagi… tapi biasanya cara kuno bengkel umum ya gitu, pake obeng
minus yang tajem trus tuh baut yang susah dibuka di pahat aja kearah kiri tuk bukanya.
itu aja dulu dech contoh kecilnya…sebenarnya yang laen juga masih banyak tapi capek juga klo ngetik sebnayak
ini, apalagi belum tentu semua mau bacanya.
nih… yang ini yang penting tuk dibaca! kejadian-kejadian diatas, bisa kita cegah, caranya:
1. semuanya diatas kan disebabkan oleh usia komponen yang cukup lama dan jarang sekali dibuka, makanya
jadi berkarat dan saling nempel, kalo motor kondisi baru umumnya baut-baut masih gampang dibuka,
makanya buka tuh baut-baut kaliper dengan kunci L, lalu keluarin, nah bagian ulirnya olesin pake
grease(red:gemuk), dengan begitu baut nggak bakalan karatan nantinya, setahun kemudian mau ganti pad
set, gampang dech! tul nggak?
2. kalo urusan pedal rem dan as standar tengah, ini juga sama, bongkar dulu tuh komponen di bengkel, dengan
cara yang sama oleskan grease pada as standar tengahnya, dijamin 3 tahun juga nggak bakal
nempel/karatan.
3. kalo baut-baut body, anda harus pastikan dulu bahwa pada saat motor kondisi baru, semua baut bisa
dikendorin semua, dan sama kasih olesan grease secukupnya.
jadi dalam hal ini, grease berperan penting sekali buat motor anda untuk jangka yang lama, betul tidak?
Mengatasi Cover A/dashboard getar! Begini loh!
Berikut ini akan saya jelaskan cara mengatasi masalah klasik yang timbul pada motor Honda yaitu Cover HDL Fr
(red:
Cover Lampu depan) getar,
Sebelumnya perlu di ketahui bahwa getaran yang timbul pada Cover HDL Fr atau body-body setiap motor adalah
disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
Ada baut-baut yang kendor pada bagian dalam body/Cover HDL Fr dan Cover HDL Rr(red:cover lampu bagian
belakang) motor
Terjadinya pemuaian bahan Cover HDL Fr (plastic) yang dikarenakan suhu udara yang lembab/panas atau karena
sinar matahari.
Kalo hal ini terjadi pada motor kita, wah rasanya perjalanan nggak nyaman banget, betul ga?
Nah solusinya biar penyakit ini hilang, adalah sebagai berikut :
1. Peralatan yang disiapkan adalah
a. Obeng (+) ukuran sedang
b. Isolasi Double tip tebal (biasanya warna hijau)
2. Buka baut-baut pada Cover HDL Fr dengan obeng (+)
3. Lepaskan Cover HDL Fr dengan perlahan-lahan, hal ini harus berhati-hati karena apabila tidak, akan ada
beberapa part yang bisa patah bila dipaksa.
4. Periksa apakah ada baut pengikat Cover HDL Rr yang kendur (2 buah baut) apabila ada, keraskan.
5. Potong-potong Isolasi double tip sebanyak 4 potongan sepanjang 2cm.
6. Tempelkan potongan Isolasi double tip pada sisi pinggir Cover HDL Fr yang bersentuhan dengan bagian Cover
HDL Rr dari sisi kanan sampai kiri.
7. Pasangkan kembali cover HdL Fr dengan hati-hati
8. Pasangkan Screw dengan moment seperlunya,
9. Test hasilnya, nyalakan mesin, tarik gas apakah masih ada getaran?
Semoga sudah sembuh penyakitnya…
Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar
sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa
masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
1. siapin alat-alatnya
• kunci-kunci standar seperlunya
• kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
• bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin
bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
• bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang
terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
• bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
• lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
• balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
• kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
• buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi
tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
• mesin bagian kiri
o komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
• mesin bagian atas
o komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep,
piston, blok silinder
• mesin bagian kanan
o komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1
set
• mesin bagian tengah
o komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen - komponen pada bak yang berbeda
sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen
secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang
bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
• gasket kit A ( paking top set )
• gasket kit B ( paking full set )
• oil seal selah
• oil seal operan / persnelling
• oil seal gear
• oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam
proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu
dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
Tips menyetel klep Sepeda Motor Honda
Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan
klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.
Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;
1. Obeng (-) besar
2. Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
3. Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
4. Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
5. Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
6. Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
7. Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
8. Fuller gauge 1set
9. Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci Ring 24(tipe
Sport)
3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka
tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring
14/17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet,
posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;
• Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran = 0,10mm (±0,01mm).
• Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X, Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm (±0,01mm).
• Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
• Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In : 0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring
8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan
klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller
gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!
Demikian, mudah-mudahan bermanfaat
Cara gampang Motor Honda Awet!
1. Servis Rutin
Setiap 2 bulan atau 2000 kilometer (tergantung mana yang lebih dulu di capai), hal itu tentu sangat penting
mengingat kita tidak memiliki peralatan yang secanggih bengkel favorit kita, disarankan ke bengkel Ahass, karena
item pemeriksaan lebih detail bergaransi, klo soal harga nggak mahal koq, dari pada buka-buka sendiri di rumah
dengan kunci-kunci yang kurang pas dengan baut/murnya, bisa-bisa malah ada yang aus/seleg, wah bisa berabe,
ujung-ujungnya malah ngeluarin duit lebih banyak lagi buat betulinnya.
2. Cuci motor anda!
Cuci sendiri / steam juga boleh, lakukan dengan rutin, setiap motor kita kucel, berdebu, sebaiknya bikin motor
tungganngan kita selalu bersih, karena motor yang jorok berbeda rasanya waktu dinaiki dengan motor yang
keadaannya bersih, betul nggak?
3. Periksa dan pastikan Oli tidak pernah telat ganti
Masa ganti oli sama dengan waktu servis, 2000km/2bln, Oli adalah bagian dari mesin yang tidak bisa di hindarkan
pemeriksaan rutinnya.
4. Adakah rembesan-rembesan oli di bawah mesin anda!
Periksa, karena kalo ditemukan oli anda akan berkurang, akibatnya kapasitas oli tidak sesuai dan mesin akan cepat
panas serta beberapa komponen mesin akan cepat aus, selanjutnya hal-hal yang terjadi adalah ;
• Knalpot keluar asap putih
• Suara mesin kasar
• Tarikan motor berat
• Nggak enak dech pokonya….
wuih… ngeri kan? kalo dah gitu kita jadi ngrogoh dompet dech dan habisnya ratusan ribu buat betulinnya!
5. Rante jangan dibiarkan kering
Kalo rante roda kering, cepet-cepet lumasin pake oli yang SAE-nya 80-90 kalo terlalu encer, maka akan cepet
kering lagi, kalo sering kekeringan rante cepet melar, akibatnya sering kendor dan harus sering-sering disetel trus
nggak lama minta ganti dech… tapi kalo rutin ngecek dan lumasin rante, dijamin awet!
6. Panaskan mesin 2 - 3 menit saja
Kebanyakan bikers penunggang honda kalo manasin mesin bisa sampe 10-15 menit, perlu diketahui bahwa itu
adalah cara yang TIDAK TEPAT alias SALAH!, kenapa? sebab ada beberapa hal akibat dari cara yang salah itu
antara lain;
• Mesin cepat panas - karena pada kondisi mesin diam, mesin tidak mendapatkan sirkulasi udara yang
maksimal dan karena RPM mesin kecil sehingga sirkulasi pelumasan dari ruang mesin bawah ke blok mesin
atas kurang maksimal, sehingga bagian mesin atas akan cepat mengalami overheating (kepanasan), berbeda
pada saat kondisi jalan, ada udara yang secara paksa mengipasin mesin, jadi mesin mendapatkan sirkulasi
udara secara maksimal serta RPM yang tinggi membuat mesin mendapatkan pelumasan yang lebih
sempurna.
• Bensin boros - karena pada saat manasin mesin kondisinya berhenti maka campuran bahan bakar dan udara
tidak seimbang, bensin lebih banyak masuk keruangan pembakaran sedangkan udara lebih sedikit, akibatnya
campuran menjadi kaya sehingga apabila di cek businya akan kelihatan kehitam-hitaman, hal ini tandanya
bahan bakar yang di konsumsi oleh mesin terlalu banyak alias boros.
Jadi kalo manasin mesin motor honda anda sebelum ditunggangi paling lama 3 menit saja. di jamin mesin awet!
7. Gunakan HGP (Honda Genuine Parts)
Spare part lain tidak menjamin kualitasnya, tapi Honda Genuine Parts berani bicara, apalagi sekarang HGP sudah
mengeluarkan Spare Parts Honda yang BERGARANSI! untuk informasi hubungi ahass-ahass terdekat di kota Jawa
Barat, karena Spare part yang bergaransi tersebut itemnya terbatas.

Tidak ada komentar: