Selasa, 02 Desember 2008

Harley Davidson akuisisi produsen motor mewah Italia

Milwaukee - Harley Davidson akhirnya resmi mengakuisisi produsen sepeda motor premium Italia MV Agusta Group.
Roll - HD menyediakan dana sebesar USD108 juta atau sekira Rp990,1 miliar untuk membeli seluruh saham Agusta.

"Kami menyambut jajaran grup MV Agusta dan karyawannya untuk bergabung di keluarga besar Harley Davidson," kata Jim Ziemer, Chief Executive Officer Harley Davidson dalam pernyataan resminya.

Ziemer menambahkan, alasan utamanya mengambil alih Agusta meruipakan strateginya untuk memperluas jaringan pasar sekaligus memperkuat kehadiran brand HD di Eropa sebagai produsen sepeda motor berkelas.

Penjualan produk HD menunjukkan kenaikan hingga 2 digit di Eropa dalam tiga tahun terakhir. Dengan akuisisi ini, HD mengharapkan akan terus meraup untung di Eropa sekaligus menguatkan citranya sebagai pabrikan motor besar paling sukses di dunia.

Dalam kesepakatan akuisisi, Agusta Group akan menghadirkan dua modelnya kepada HD. Satu model premium, eksklusif, berperforma tinggi dan motor sport ringan akan dipasarkan di bawah brand Cagiva. Motor dengan nama F4-R tersebut ditenagai dengan mesin 1078 cc 4 silinder pendingin air dan mampu menghasilkan tenaga hingga 190 hp.

Selanjutnya HD memilih Matt Levatich sebagai Managing Director MV Agusta Group. Levatich (43) sendiri bergabung di HD sejak 1994 dan melanjutkan karirnya di divisi penjualan HD Eropa yang berbasis di Inggris. Saat ini ia menjabati posisi Vice President dan General Manager Parts, Accessories, and Custom Vehicle Operations.

Tidak ada komentar: