Selasa, 02 Desember 2008

Astra produksi 300 ribu motor sebulan

PT Astra Honda Motor (AHM) tengah menggenjot produksi motornya hingga 300 ribu unit sebulan untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor di Indonesia.

AutomotiveRoll - PT Astra Honda Motor (AHM) tengah menggenjot produksi motornya hingga 300 ribu unit sebulan untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor di Indonesia.

Wakil Presdir AHM Siswanto Prawiroatmodjo di sela lomba Instruktur Keselamatan Mengendarai Sepeda Motor ke-2 di Jakarta, Kamis, peningkatan produksi itu tidak ditempuh dengan penambahan mesin, tetapi penambahan jam kerja (lembur) dan efisiensi produksi.

"Kami bekerja dari Senin sampai Minggu, bahkan lebih," ujarnya.

AHM biasanya memproduksi sekitar 270 ribu unit sebulan, namun kini ditingkatkan menjadi sekitar 300 ribu unit.

Peningkatan produksi tersebut, diakuinya juga untuk mengantisipasi permintaan yang tumbuh pada semester II terkait perayaan hari raya keagamaan.

Saat ini AHM memiliki tiga pabrik dengan kapasitas terpasang masing-masing sebesar satu juta unit per tahun, sehingga total kapasitas produksi AHM mencapai sebanyak tiga juta unit per tahun.

Ia optimis dengan permintaan sepeda motor yang masih menunjukkan tren meningkat seiring dengan masih adanya inden, maka penjualan sepeda motor nasional bisa menembus angka 5,5 juta hingga 5,6 juta unit sampai akhir tahun 2008.

"AHM sendiri menargetkan setidak menguasai sekitar 47-48 persen pasar sepeda motor di dalam negeri," kata Siswanto.

Sampai semester I 2008 penjualan AHM mencapai sekitar 1,4 juta unit atau menguasai sekitar 46 persen dari total pasar sepeda motor nasional yang mencapai sekitar 3,06 juta unit.

Pada saat ini pembelian sejumlah model sepeda motor Honda mengalam inden antara lain Honda Beat, yang pada bulan lalu indennya mencapai di atas 5.000 unit sejak diluncurkan awal Juni 2008.

Tidak ada komentar: