Kamis, 12 Februari 2009

Honda CB 125 : Honda atau Happy ?

322cb-putih---endro-1.jpgDi Indonesia merek Honda dan Happy beda pabrikan. Tapi kalau di Jepang, Happy adalah varian dari produk Honda. Jadi, namanya Honda Happy he…he…he... Termasuk dalam motor kuntet atau kecil seperti Honda Monkey yang bukan untuk topeng monyet, tapi buat disemplak orang.323cb-putih---endro-2.jpg

Nah, itu konsep modifikasi CB125 karya Ardhiyan alias Dian dari Retrochrome yang memang spesialis krom. “Kalau di Jepang, Honda Happy mengusung dapur pacu 50 cc dan 100 cc,” cerita Dian dari Jl. Antara Raya, No. 3, Kav. Bumi Harapan Jaya, RT. 11/10, Bekasi.

Aksi meniru Happy tentu dilakukan dengan happy juga. Pertama, membuat sasis supaya mirip Honda Happy yang rangkanya seperti Honda Tiger. Untuk itu, dia memapas tulang belakang sampai habis. Sebagai penggantinya menggunakan pipa 0,5 inci.

324cb-putih---endro-3.jpgDilanjut permak kaki-kaki yang dibikin cebol. Untuk suspensi dan roda, Dian harus mencari sendiri. Maklum, Suwandi Akim sang pemilik motor hanya memberi modal mesin dan rangka saja. Semuanya diserahkan pada Dian.325cb-putih---endro-4.jpg

Katanya untuk sok depan ambil dari punya GL-Pro. Supaya mirip Happy, tabung sok dibubut bulat. Begitupun dalam pemilihan swing-arm khusus ambil dari kepunyaa Yamaha RX-S. “Ukurannya lebih pendek dan sumbu roda tidak molor,” argumen Dian yang aslinya spesialis krom itu.

Untuk rodanya, Dia pilih yang diameter kecil sesuai Happy. Pelek ambil dari produk GP1 2,50x14 untuk depan-belakang. Begitupun rodanya dipilih dari merek dan ukuran sama, yaitu 140/60x14 keluaran Deli Tire. Dengan begini tampang Happy sanggup dicapai.

DATA MODIFIKASI

Sepatbor : Custom pelat 0,5 mm
Lampu depan : Yamaha LS
Setang : RX-King
Spion : Variasi
Jok : Kulit Honda CB, pelat bikin
Silencer : Mio Custom
Lampu belakang : CB100
Sok belakang : YSS Satria FU
Sein depang : Variasi
Teromol depan : Mega Pro
Cakram depan : Mega Pro
Cakram belakang: Satria 120
Retrochrome : (021) 9639-8788

SUMBER : http://www.motorplus-online.com/

Tidak ada komentar: