Rabu, 10 Desember 2008

Yamaha Vega ZR, Siap Tantang Kompetitornya

JAKARTA - Seperti tak ingin kalah dengan para kompetitornya, Yamaha ternyata juga menjadikan acara Jakarta Motorcycle Show 2008 sebagai waktu yang tepat untuk memperkenalkan varian baru mereka di kelas motor bebek.

PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sebagai ATPM motor Yamahadi Indonesia, pada gelaran yang diadakan di Jakarta Convention Centre 6-14 Desember tersebut memperkenalkan wajah baru motor bebek mereka, Vega ZR. Motor ini memiliki panjang 1.930 mm, lebar 675 mm, serta tinggi 1.055 mm.

Dibandingkan pendahulunya, Vega ZR memiliki penampilan depan yang berbeda. Headlamp kini tidak lagi menyatu dengan lampu sein. Imbasnya, Yamaha membuat desain rumah lampu baru, dan lampu sein bergeser ke bawah dekat sayap samping dan tempat pelat nomor.

Lampu belakang juga ikut berubah. Tidak ada lagi mika bening untuk lampu sein. Gantinya, baik lampu rem maupun lampu sein ditutup mika berwarna merah.

Desain berubah, apakah kinerja mesin juga berubah? Ternyata Yamaha menyadari hal ini. Kapasitas mesin Vega generasi terbaru diperbesar menjadi 113.9 cc 4-tak SOHC. Bandingkan dengan "saudaranya" yang berkapasitas 110.3 cc. Melalui mesin baru ini, Vega ZR mampu mengeluarkan tenaga 6,5 kW pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 8,3 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Dengan semua perubahan ini, Vega ZR tampaknya akan menjadi pesaing baru Honda Revo, Blade maupun Suzuki Smash. Soal harga, sepertinya akan lebih mahal Rp300.000-an dari Vega sebelumnya.

Tidak ada komentar: